Kenapa ikan mas doyan pelet?


Kenapa ikan mas doyan pelet? Ikan mas menyukai jenis umpan tertentu seperti pelet, lebih disebabkan oleh  faktor yang mempengaruhi pola makannya selama dalam masa masa hidup (masa pertumbuhan, memijah dst). Secara insting, hewan mampu mengenali jenis makanan yang layak untuknya. Yang penting bisa dimakan dan mampu dicerna oleh perutnya (edible food). Jika ikan (karper) dalam masa pertumbuhannya hanya mengenal makanan alami seperti ganggang, lumut & tanaman air lainnya , crustacea, ikan-ikan kecil , buah-buhan dan serangga maka ikan tersebut akan lebih menyukai jenis umpan alami tersebut.

Menarik-Mengangkat-Menyerok Ikan Besar


Menarik-Mengangkat-Menyerok Ikan Besar Berikut sharing tips menarik-mengangkat-menyerok ikan bila anda mendapati strike ikan besar terutama untuk memancing di kolam :
  1. Lihat situasi aja dulu lapak full ato sepi
  2. Kalo lapak full pastikan meminta maaf kiri kanan lapak, jangan duduk saja ikuti dengan berjalan kemana arah ikan lari
  3. Kalo lapak sepi giring ikan mendekati lapak kita dengan berdiri agar posisi strike dan handle enak
  4. Nariknya jangan dipaksa buru-buru ekstrim
  5. Kurangi setelan drag reel agar benang tidak putus lain kalo pake PE drag reel dimatikan tidak jadi masalah
  6. Jaga agar benang jangan sampai kendor agar tidak moncel

Umpan Mancing Ikan Lele (Kolam dan Sungai)


1. Cacing
Umpan cacing adalah umpan yang paling umum, untuk ikan lele cacing yang digemari adalah cacing sawah (cacing merah dan cacing cobra). Untuk cacing tanah yang disukai cacing lur ( cacing agak putih kemerahan, seperti ada cincin di leher). Untuk pemasangan di mata kail usahakan berbentuk menggerombol, dapat berisi 2 – 5 cacing dalam 1 mata kail.
Lokasi : kolam dan sungai

MENGENAL KAIL GARONG

Trik Memancing mengenalkan Alat Pancing Baronang dengan teknik garong telah berhasil membuat beberapa pemancing yang biasa mancing dengan teknik lain berpindah agama menjadi penganut mancing baronang dengan tegek dan kail garong yang fanatik. Untuk mengenal lebih jauh mengenai teknik ini ada baiknya kita mengetahui mengenai jenis-jenis kail garong serta plus minusnya. Berikut ini tulisan Mr Ichang, salah satu suhu mancing garong yang juga pengurus RAFAC.
Jenis Pancing atau Kail Garong Berikut Kelebihan & Kekurangannya :
1. Model Lurus/Biasa (Tipe : O’Shaughnessy, Sode, Maru-Sode dll)
Kelebiahan:

>Lebih mudah hook up karena mata pancing langsung mengarah keatas
Kekurangan:
>Lebih mudah lepas (mocel) saat fight/ikan diangkat karena mata pancing tidak “mengunci” didalam daging

Mencatat Rekor Mancing Ikan Dengan Alat Pancing Barbie


Trik Memancing Menceritakan sih David Hayes sedang menemani cucunya yang berumur 3 tahun asyik bermain di kolam belakang rumahnya di Wilkes Country.

Rekor Mancing Ikan Bass Terbesar!



Trik Memancing memberi kan info kepada anda bahwa Rekor mancing ikan largemouth bass terbesar selama 77 tahun akhirnya terpatahkan oleh Manabu Kurita. Penggila mancing asal Jepang itu berhasil mengail largemouth bass seberat 22 pound 4 ounce (sekitar 10,09 kg).

Tips Memilih Ikan Discus


 Discus sebagai rajanya ikan air tawar menarik banyak akuaris maupun orang awam untuk memeliharanya. Selain bentuk, warna, dan coraknya yang menarik, harganya yang mahalpun menjadi salah satu daya tarik untuk memeliharanya. Namun memelihara terutama untuk memilih calon bibit yang baik tidak semudah membalikkan telapak tangan.


Untuk mendapatkan discus yang baik tentulah harus mendapatkan bibit yang baik. Oleh karena itu seorang hobies terutama pemula harus jeli dalam memilih ikan. Kesulitan terbesar yang dihadapi oleh pemula adalah kurangnya pengetahuan mengenai kualitas discus yang baik. Banyaknya jenis discus, terutama nama-nama yang berlainan untuk satu jenis discus ikut membuat pemula ini semakin bingung.

Teknik Mancing di Laut Dengan Menggunakan Pelampung


Cara mancing laut berpelampung lebih sederhana dibanding mancing dasaran. Teknik ini dilakukan untuk menghindari dari tersangkutnya umpan dari karang atau objek lain di dasar laut.

Gunakan joran berukuran panjang lebih dari dua meter dan bahkan lebih agar bisa melempar umpan jauh ke tengah saat mancing dari pinggir laut dan di atas karang. Dan gunakan joran yang berukuran panjang cukup agar lebih leluasa melempar umpan dari tengah laut di atas kapal/perahu mancing.

Pilih ril yang mampung senar sepanjang 200 hingga 300 meter dengan senar berdiameter 4 lbs hingga 20 lbs (sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lokasi) sepanjang kira-kira 1 hingga 2 meter.

Pemancingan Palem II, Petukangan Utara, Pesanggrahan


Saat Lomba Tak Pernah Sepi Dari Para Mania Karena Tiket Sangat Terjangkau

Minggu (22/03) saat Mancing Mania (MM) mendatangi kolam Pemancingan Palem II, pemancingan yang teduh karena banyak ditumbuihi pohon palem besar menjadi ciri khas tersendiri bagi para mania yang mancing di Palem II ini.
Nama pemancingan Palem II diambil dari nama jalan masuk menuju lokasi pemancingan, selain itu nama Palem juga digunakan karena disekitar pemancingan ini banyak ditumbuhi pohon palem. Dengan alasan tersebut Dikin Suhanda (65) atau yang lebih akrab dengan sapaan Ikin menamakan pemancingannya dengan nama Pemancingan Palem II.

Luas pemancingan mencapai 600 meter, terdiri dari dua kolam pemancingan yaitu, kolam ikan mas dan kolam ikan lele. Kolam ikan mas yang biasa digunakan untuk lomba tak ternah sepi dari para mania yang ingin mengikuti perlombaan yang diadakan oleh pemancingan Palem II, jangan heran jika para mania nanti kalau mampir ke pemancingan ini tidak kebagian tiket alias kehabisan karena antusias dari para mania sangat tinggi selain itu harga tiket yang murah menjadikan alasan kenapa selalu ramai pada saat lomba.

Liburan Telah Tiba


Mancing Kado Liburan
Seperti kita ketahui bahwa saat ini musim liburan hampir tiba. Sekolah Menengah Atas, Pertama dan Dasar telah melangsungkan Ujian Nasional (UN) dan telah menuai hasil pengumuman yang dilakukan oleh Depertemen Pendidikan Nasional. Tidak hanya murid yang disibukan dengan pencariabn sekolah baru bahkan orangtua pun turut disibukan untuk mengurus segala sesuatu kebutuhan sang anak.
Sebelumnya Trik Memancing (MM) ingin mengucapkan selamat atas terselenggaranya UN dan selamat pula atas kelulusan yang diperoleh adik-adik kita di tingkat SMA, SMP dan SD. Upaya untuk meningkatkan itensitas belajar terbayar sudah dengan hasil kelulusan yang diperoleh.
Buat anda para orang tua/wali murid ada baiknya selepas anak menempuh UN diberikan hiburan atau rekreasi bersama keluarga. Selain dapat melepas kepenatan dari akitifitas belajar dan menempuh UN, pergi liburan atau rekreasi dapat pula dijadikan kado bagi anak yang telah melalui UN.
cc.JPG

Dua Varian Umpan Galatama Mas

Berikut ini Trik memancing (MM) menampilkan dua varian umpan galatama ikan mas yang anda dapat jadikan pilihan untuk mengikuti lomba mancing galatama. Umpan pertama lebih cocok digunakan saat cuaca sedang mendung atau hujan.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan umpan pertama :
1. Essen stroberi (5cc)
2. Essen nangka (2cc)
3. Essen tenggiri (1cc)
4. Essen choya (1cc)
5. Essen almond (1cc)
6. Pasta pandam (1 sendok makan)

Perairan Binuangeun


Swordfish Binu
Trip yang tidak diduga ini akhirnya mewujudkan impian saya atas keberhasilan strike dengan ikan pedang (swordfish). Berikut kisah Suryanto yang diceritakan kepada MM
Suryanto_1.jpg
Sebenarnya trip ini kali kedua bagi saya menuju lokasi yang baru pertama didatangi. Maklum menurut nelayan, lokasi ini spot mereka untuk mencari ikan. Trip pertama saya lakukan tidak membuahkan hasil. Dan trip kedua Oktober 2010 lalu membuahkan hasil mengejutkan bagi saya dan rekan-rekan satu perahu.
Sebagai pemancing, saya yang berdomisili di sekitar Binuangeun banyak kenal dengan para nelayan dari Tanjung Panto. Beberapa kali nelayan itu mengajak saya untuk mancing mengikuti kegiatan mereka mencari ikan di Pantai Selatan. Seiring dengan ajakan itu, saya pun menyempatkan diri ikut. Alasan trip dengan nelayan ini saat mereka mengatakan bahwa layur dan pedang lagi main.
Trip pertama dilakukan gagal, hasil dibawa ke darat tidak maksimal. Tapi itulah mancing ngga selalu pulang bawa ikan, kadang hasil bagus kadang tidak maksimal. Penasaran dengan keinginan untuk mendapatkan ikan pedang atau nama latinnya xiphias gladius kian menghinggapi diri saya. Ingin rasanya strike dengan swordfish. Itulah yang ada di benak. Satu minggu kemudian para nelayan itu Yeyen, Ade dan Baden kembali mengajak melaut mencari layur dan pedang di lokasi sama.

Kasting Ikan Bawal Air Tawar


Teknik memancing ikan dengan cara kasting, bagi sebagian banyak mania mancing memiliki daya tarik tersendiri saat melempar umpan buatan, retrieve atau cara menggulung senar agar umpan terlihat “hidup” untuk menarik perhatian, saat ikan menyambar umpan, fight, hingga mengkanvaskan ikan tangkapan.
Banyak kolam pemancingan dengan jenis ikan bawal air tawar (Colossoma macropomum) yang bisa para mania jumpai di beberapa lokasi pemancingan. Popularitas ikan ini terbilang cukup tenar. Hal tersebut dikarenakan bawal air tawar tergolong salah satu jenis ikan predator yang rakus serta tidak memilih dalam hal makanan.
Dikarenakan bawal air tawar yang merupakan jenis ikan omnivora (pemakan segala) yang membuat pertumbuhan ikan ini tergolong cepat serta memiliki daya tahan yang kuat dibandingkan dengan jenis ikan lainnya yang rentan penyakit sehingga ikan ini dijadikan salah satu jenis ikan yang dipancing dengan menggunakan teknik kasting.
Kemudahan dalam menemukan lokasi mancing ikan bawal yang kini banyak merebak diberbagai daerah pemancingan menjadi salah satu alasan bagi para kastinger untuk memancing ikan ini, demikian halnya bagi para mania lainnya yang ingin mencoba dan menjajal mancing teknik kasting/ casting.

Kasting Bawal
Memancing dengan teknik kasting di kolam pemancingan yang menggunakan umpan buatan/ artificial lure demi mengecoh ikan sasaran merupakan teknik yang belum banyak lazim dimengerti banyak mania dibanding dengan cara mancing tradisional. Sedikit atau bahkan tidak ada pemancing yang datang ke kolam pemancingan untuk memancing dengan teknik ini.
Seperti halnya kolam pemancingan, area kolam umumnya memiliki kedalaman air yang lebih dalam di bagian tengah. Spot inilah yang banyak dicari para mania karena dipercaya ikan-ikan berkumpul di spot tersebut.
Perhatikan kondisi permukaan air kolam sebelum memulai kasting. Apabila ditemukan banyak tenggakan ikan berarti banyak ikan yang berenang di permukaan air dan para mania bisa menggunakan umpan lure/ minnow jenis mengambang/ floating atau agak menyelam/ shallow.
Namun jika tidak ditemui atau sedikit tenggakan ikan, para mania mungkin perlu memasang jenis umpan lure dengan tipe berenang di dalam air serta mendekati permukaan dasar kolam/ sinking jenis deep diver minnow atau juga jenis umpan spoon. Hal tersebut dilakukan agar umpan dapat dengan mudah mendekati atau bahkan menjangkau area spot kumpulan ikan sasaran.

Mancing Pinggir Laut


Kesukaan akan memancing bagi para mania ternyata menyedot animo yang tinggi dari berbagai kalangan. Berbagai spot mancing yang bisa dikunjungi para mania dilakukan demi memenuhi sensasi akan memancing. Namun banyak mania mancing yang beranggapan mancing di laut memerlukan biaya yang mahal, ternyata tidak juga lho…
mancing pinggiran
Banyak mania yang melihat mancing di laut dari satu sisi saja, yakni biaya yang tinggi. Memang kalau kita lihat jenis ikan yang banyak diburu para mania pastinya ikan-ikan tersebut berada di tengah lautan yang mesti dijangkau dengan menggukan perahu atau kapal mancing yang memang memerlukan biaya yang tidak sedikit.
Namun kalau para mania sedikit menepiskan hasil tangkapan ikan-ikan yang bagus, bagaimana kalau target ikan diubah menjadi ikan-ikan yang bisa memperoleh sensasi memancing saja? Barulah kemudian kita berbicara mengenai alternatif mancing di laut yakni mancing dari pinggir laut.

Alternatif Mancing Laut
Memancing di pinggir laut sudah lama dan banyak dilakukan para penggila hobi mancing dan mereka kebanyakan berasal dari berbagai kalangan. Selain alasan untuk mengatasi soal biaya, banyal faktor lainnya mengapa memancing jenis ini digandrungi banyak mania mancing.
Ketakutan memancing di tengah laut, kondisi pemancing yang tak tahan mabuk laut juga menjadi salah satu alasan mereka hanya ingin menyalurkan hasrat memancingnya di laut. Dan ternyata kalau kita melihat di banyak spot-spot mancing pinggir laut banyak sekali para mania yang sudi nongkrong berjam-jam demi memburu ikan pancingan.
Seperti salah satu spot di batere Pelabuhan Jakarta Utara. Dam besar dan panjang menjadi tempat dimana para mania berangkat dengan menggunakan perahu ojek yang menyeberangkan mereka hingga ke lokasi.
Dam Muara Baru Jakarta, PLTGU Muara Tawar Jakarta dan masih banyak lagi lokasi lainnya kerap dikunjungi para mania ini. “Saya sering banget mancing disini”, tutur salah seorang mania saat Mancing Mania (MM) tanya di salah satu spot batere Jakarta. “Kalau air laut lagi bagus, banyak ikan-ikan bagus yang datang lho…”. Ikan-ikan seperti kakap putih, barakuda, kuwe lilin, kakap merah bahkan tenggiri kerap tertancap kail para mania mancing yang membentang di lokasi tersebut.

Joran Prokatsu


BPdp.jpg
ProKatsu menghadirkan produk terbarunya, seri joran sambung dua berbahan fiber dengan disain dan model yang semakin menarik.

Lure Okuma


IPdp.jpg
Teknik casting, salah satu teknik mancing yang kental dengan unsur sportfishingnya semakin diminati banyak mania. OKUMA pun ‘menyerap’ tren ini dengan menghadirkan beberapa seri umpan artifisial (lures)nya, dengan 4 tipe action: surface (permukaan), topwater (dekat permukaan) , suspend (menggantung), dan floating (mengambang).

Ril Spinning PENN Captiva

Merk piranti mancing kenamaan dunia, Penn, menghadirkan ke hadapan para mania dengan suguhan sensasi mancing tersendiri. Penn Captivayang dibuat kembali dengan teknologi terbaru serta menggunakan bahan material demi terciptanya suatu piranti mancing yang bisa memuaskan para mania. Ditanamnya sebanyak delapan buah ball bearing baja anti karat ditambah roller bearing dari generasi terbaik.

Ril Spinning Fujitsu Quartz


Produsen piranti pancing kenamaan asal Jepang kini hadir di Indonesia, Fujitsu. Dengan menggunakan bahan berkualitas teratas seperti bodi ril yang berbahan alumunium metal alloy menjadikan dasar utama piranti ini kokoh.

Ril Spinning Penn Silverado


Penn, menghadirkan ril spinning yang dapat dijadikan ril andalan para mania mancing, Penn Silverado.

Rangka ril berikut plat penutup bodi ril yang berbahan grafit berkualitas teratas menjadikan tangguh di berbagai medan. Spool ril berbahan alumunium didisain untuk senar yang keluar dengan baik.
Ball bearing yang digunakan berbahan baja tahan karat yang kesemuanya komponennya digunakan demi terciptanya ril yang handal. Ril spinning Penn Silverado tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa digunakan baik di air tawar maupun air laut.*smf

Abu Garcia Cardinal 707LX


alt
Ril pinning keluaran terbaru dari pabrikan piranti pancing kenamaan, Abu Garcia dengan sebutan Cardinal ini merupakan salah satu ril spinning untuk memancing di laut yang memiliki performa yang patut diandalkan.

Shimano Tiagra Ultra Troling


alt
Seri Tiagra yang dikenal sebagai spesialisasi troling memang sudah dikenal baik reputasinya di kalangan mania mancing.
Joran troling yang terbuat dari material terbaik ini juga dilengkapi dengan cincin joran Fuji SUS, bearing S-ARB untuk roller guide, roller yang dilapisi titanium, EVA grip yang sangat elastis, jaket anti air untuk joran dan ril, casing /tas ekslusif untuk joran dan ril, dan masih banyak lagi.
Tidak sampai disitu saja, joran ini juga terlihat begitu mewah dan elegan dengan desain bercita rasa tinggi. 
Tiagra Ultra Trolling jelas merupakan joran troling dengan spesifikasi tertinggi di kelasnya.Rasakan ketangguhan dan kemewahan yang dimilikinya!*arp

Joran Sambung Dua "Kamikaze Evolution"


Sebagai salah satu produsen kenamaan, Kamikaze menghadirkan salah satu piranti andalannya yang berupa joran sambung dua yang diberi sebutan dengan Kamikaze Evolution dengan berbagai kelebihan demi terciptanya salah satu produk unggulan.
Joran sambung dua yang berbahan utama carbon kualitas teratas pilihan dipadu dengan assesoris kenamaan Fuji. Rentetan cincin pandu senar Fuji Alconite serta handle dudukan ril yang juga dari Fuji ditambah dengan disain dan corak joran Kamikaze Evolution semakin menarik untuk dijajal kehandalannya.
Kamikaze Evolution tersedia dalam dua ukuran panjang 165 cm dan 180 cm dengan aksi joran Medium (M) dan Medium Low (ML).*smf

alt

Joran Spinning OKUMA C3

alt


Kalau Anda tergolong pemancing yang tidak hanya memperhatikan performa dan kualitas, tapi juga estetika dari alat pancing Anda, maka joran ini adalah “a must have item” bagi Anda.

OKUMA menghadirkan C3, joran spinning terbaru yang dapat memenuhi semua keinginan anda. Joran ini didisain dengan 3 konsep utama: ringan, sensitif, kuat. Konsep ringan dan sensitif diwujudkan dengan penggunaan grip
konikal terpisah bermaterial carbon-woven 100% yang telah dipoles sedemikian rupa sehingga tidak licin walau terkena air, dipadukan dengan dudukan ril FUJI DPS yang telah dimodifikasi. Dengan spirit yang sama digunakan juga rangka cincin titanium dengan cincin dari batuan zirconium.

Sementara konsep kekuatan diwujudkan dengan penggunaan blank berbahan graphite kelas 40-ton yang tangguh untuk memaksa ikan buruan Anda keluar dari persembunyiannya. OKUMA C3 tersedia dalam 2 ukuran: 5.6”/165cm dan 6.0” / 180cm.

Penn Conquer Spinning Reel


alt
Dengan berbagai kelebihan akan sebuah ril spinning anyar keluaran produk kenamaan, Penn menghadirkan Penn Conquer yang dapat dijadikan ril tandingan terhadap ril-ril yang ada.

Maguro Premium X


Dalam memilih pancing, pastinya bukan hanya model yang menjadi dasar pilihan, namun ketajaman dan kekuatan juga merupakan faktor penentu agar terjadi hook-up dan strike yang sempurna.
PREMIUM-X merupakan seri pancing MAGURO kelas premium yang terbuat dari kawat stainless steel dengan perlakuan fisik PREMIUM-X juga di-treatment secara kimiawi untuk meningkatkan ketajaman dan kekuatannya. 
Pancing black nickel ini punya tipe Chinu dan Marusode, dengan 2 macam mata; berlubang / ringed dan tanpa lubang / flatted. Sementara ukuran yang tersedia mulai no. 1 sampai 8 ( Chinu ), dan 1 – 12 ( Marusode ). Tipe terbaru seri PREMIUM X adalah Pin Hook, pancing dengan batang extra tipis yang cocok untuk memancing ikan – ikan kecil, atau mancing dengan umpan alami seperti cacing atau serangga, yang tersedia mulai nomor 1 hingga 8

Ril spinning PENN TORQUE


Disain mewah Penn Torque terlihat jelas demi mencapai kepuasan dengan dua model yang tersedia TRQS5 dengan corak disain warna hitam kokoh dan TRQS7 yang dibalut dengan disain warna keemasan yang elegan.*smf
Penn Torque
Penn, salah satu produsen piranti mancing kenamaan, kembali menghadirkan salah satu produk terbaiknya berupa ril spinning dengan sebutan Penn Torque. Paduan kemewahan serta kekuatan yang digabung menjadikan satu wujud kesempurnaan.

Rangkaian Pemberat Bergerak

Rangkaian Permanen



simpul-albright-ed125.jpgRangkaian/ rig permanen utama merupakan rangkaian yang mudah dan digunakan oleh banyak mania mancing untuk mencari berbagai spesies ikan seperti di muara yang mana tergantung dari para mania untuk menset rangkaian pancing pada piranti mancing dengan cepat.

1.    Rangkaian Permanen Utama
a.    Penggunaan kili-kili/ swivel mata tiga
b.    Penggunaan kili-kili/ swivel standar

Liburan Telah Tiba


Mancing Kado Liburan
Seperti kita ketahui bahwa saat ini musim liburan hampir tiba. Sekolah Menengah Atas, Pertama dan Dasar telah melangsungkan Ujian Nasional (UN) dan telah menuai hasil pengumuman yang dilakukan oleh Depertemen Pendidikan Nasional. Tidak hanya murid yang disibukan dengan pencariabn sekolah baru bahkan orangtua pun turut disibukan untuk mengurus segala sesuatu kebutuhan sang anak.
Sebelumnya Mancing Mania (MM) ingin mengucapkan selamat atas terselenggaranya UN dan selamat pula atas kelulusan yang diperoleh adik-adik kita di tingkat SMA, SMP dan SD. Upaya untuk meningkatkan itensitas belajar terbayar sudah dengan hasil kelulusan yang diperoleh.
Buat anda para orang tua/wali murid ada baiknya selepas anak menempuh UN diberikan hiburan atau rekreasi bersama keluarga. Selain dapat melepas kepenatan dari akitifitas belajar dan menempuh UN, pergi liburan atau rekreasi dapat pula dijadikan kado bagi anak yang telah melalui UN.
cc.JPG

Pemancingan Galatama Neo Warlob, Bandung


Soft Launching dengan Tiket Dua Juta
DSCN2730.JPG
Minggu, 19 Desember 2010, pemancingan galatama Neo Warlob Soft Launching. Di lomba perdana 62 lapak penuh. Lomba tiket dua juta rupiah itu didominasi mania galatama asal Bandung. Saat Mancing Mania (MM) menghadiri soft launching, perkiraan luas kolam yang ada di benak kala itu biasa saja. Tetapi saat tiba di lokasi, perkiraan itu dipatahkan, ukuran kolam begitu luas dan besar, hampir sama besarnya dengan kolam galatama di Jakarta.
Sebagian besar mania hadir dari Bandung dan selebihnya Majalaya, Cianjur dan Subang. Usep Husen (pengelola) yang ditemui bersama Hangga Widjaya (pemilik) mengaku senang di hari pembukaan begitu meriah dengan kedatangan para pemancing. “Di lomba perdana semuanya berjalan lancar walaupun persiapan singkat. Mohon maaf bila ada kekurangan yang nantinya akan kami benahi menjadi sempurna,” ungkap Usep yang didampingi Hangga.
Ditambahkan Hangga dan Usep, hadirnya Neo Warlob adalah sebagian kecil dari konsep yang akan diwujudkan. “Lokasi di lahan 10 hektar ini ke depannya akan kami bangun waterboom, taman bermain anak, pertokoan, hotel, supermarket, restoran, dan kolam pancing kiloan. Konsep ini kami jadikan satu untuk wisata keluarga. Untuk sementara yang diluncurkan pada hari ini restoran dan pemancingan galatama, mudah-mudahan tahun depan sudah selesai semuanya kami bangun,” jelas mereka berdua.

Lomba HUT ke-1 Pemancingan Raja Pancing Bandung


Makin Dikenal Penggila Galatam Lele

Pemancingan galatama lele Raja Pancing Bandung Jawa Barat menggelar lomba dengan tiket Rp 300 ribu dalam rangka ulang tahun ke-1. Lomba menyambut hari jadi pemancingan terbesar di Jawa Barat ini berlangsung pukul 16.00 dan berakhir pukul 21.30 WIB. 
Lomba berlangsung 2 putaran yang dimulai pukul 16.00 sampai pukul 18.30. Usai putaran pertama dilanjutkan lagi dengan pengundian lapak untuk lomba putaran kedua. Lomba yang berlangsung cukup meriah dan semarak dengan hadiah ini memang dibuat untuk memuaskan para penggila mincing lele.
DSCN0108.JPG
Menurut pemilik kolam Hendra, pada lomba menyambut ulang tahun pemancingan Raja Pancing, pihaknya tidak mengambil potongan biaya kolam. “Semuanya dibuat hadiah untuk pemancing,” kata Hendra WIdjaja. Selama setahun ini, lanjut Hendra, pemancingan Raja Pancing mengalami perkembangan baik. “Makanya kami ingin memberikan kepuasan kepada pemancing,” tambahnya.

Pembukaan Kolam Galatama Bawal Rajawali


Tempatnya Mancing Ikan Bawal Terbesar di Tangerang

Dibawah kendali pengelola Primer Koperasi Darma Putra Rajawali Kostrad, pemancingan galatama ikan bawal Rajawali dibuka beberapa minggu lalu. Pembukaan kolam ini ditandai dengan lomba galatama yang melibatkan peserta sebanyak 80 lapak. Lomba dimulai pukul 15.00 dan berakhir pukul 20.30.
Kolam galatama ikan bawal Rajawali dibuka setelah melihat pemancing dikawasan Tangerang begitu menggandrungi galatama ikan bawal. Sebelumnya, kolam ini dikenal sebagai kolam galatama ikan patin. Namun dalam perjalanannya galatama ikan patin tidak menunjukkan perkembangan baik. Setelah cukup lama vakum, pada akhirnya kolam ini dirubah menjadi galatama ikan bawal.
DSCN0006.JPG
Mengawali pembukaan kolam, pengelola mengadakan lomba dengan tiket sebesar Rp 300 ribu. Sambutan dari pemancing yang datang saat itu sungguh besar. Lapak terisi full dengan peserta dari berbagai pelosok di Tangerang dan Jakarta. 
Lomba pembukaan kolam galatama ikan bawal ini memperebutkan hadiah juara induk. Masing-masing Rp 6 juta untuk juara induk terberat pertama sampai Rp 500 ribu untuk juara induk terberat keenam. Selain itu ada lagi hadiah juara prestasi sesi 1 sebesar Rp 750 ribu dan juara prestasi sesi 2 sebesar Rp 750 ribu. 
Selama lomba berlangsung seluruh peserta begitu antusias menarik perlawanan ikan bawal induk yang rata-rata beratnya mulai dari 2 kg sampai 10 kg. Menurut Maman, jumlah ikan bawal dikolam seluruhnya mencapai 8 ton. “Rencananya akan ditambah sebanyak 2 ton,” katanya. Jadinya, kolam dengan luas 40 X 40 meter persegi tersebut akan terisi ikan sebanyak 10 ton.   
Menurut pengelola kolam Maman, kolam galatama ikan bawal Rajawali kini berada dibawah naungan Primer Koperasi Darma Putra Rajawali Kostrad. Usai pembukaan kolam ini akan melakukan promosi dengan tiket sebesar Rp 30 ribu per session. “Tiket promosi berlaku hari Senin sampai Jumat,” kata Maman. Selanjutnya pengelola akan menerapkan tiket sebesar Rp 50 ribu per session.

Pemancingan Telaga Biru


Empang


Hobi Berlanjut Launcing Empang

webP1060789.jpg
Banyak pemilik pemancing yang awalnya berangkat dari hobi memancing. Demi menyalurkan hobi dan pandai melihat pasar membuat daya tarik dalam mengelola empang banyak digeluti para mania. Hal ini terjadi pula pada pemancingan Telaga Biru.
Gerson (42), Pemilik Telaga Biru awalnya seorang pemancing galatama yang kini memiliki pemancingan sendiri. Ketika masih di Sulawesi tahun 90an Gerson sudah hobi mancing laut lalu berganti untuk mencoba mancing galatama. Hingga kini dirinya fokus mancing galatama saja bersama Gery anak pertamanya.
Setelah malang melintang di pemancingan galatama, Gerson dan Gery memutuskan membuka pemancingan galatama. Namun, sebelumnya Gerson dan Gery membuka pemancingan plampung ikan mas lalu berganti haluan membuka galatama.

Cara Bikin Umpan Tigernut




Tips untuk memiliki sukses maksimal dengan Tigernuts

  1. Put 1 Kg of Tigernuts in an hermetic closing pot with 250 grams of white sugar.
  2. Add 2-3 litres of boiling water to melt the sugar.
  3. Mix well and let the produc cool down.
  4. Once the water has cooled add 25 ml of an aroma with a base of glycerol (i.e. Pineapple)
  5. Introduce in the mix 5 ml of your favourite sweetener.
  6. Shake it energetically with the purpose of diluting the attractants and hermetically close the pot.
  7. Leave the Tigernuts soaking for 3-4 days. You will notice that a thick flm will appear in on the surface of the liquid. This will mean that fermentation process is taking place because of thereaction of the sugars with the water.
  8. Change that “soup” to a bigger pot and heat up to boiling point then leave for 30 minutes. Add some water if necessary, as the Tigernuts must be covered at all times.
  9. Again, put the Tigernuts and the boiling water into a hermetically sealed container. You will see some grains stay afoat; take them and save them in another container as they will be useful for your future presentations.
  10. Leave the Tigers with their juice in the closed container for 3-4 days. The process of fermentation is still taking place and the sugars still have to penetrate the Tigernuts. The water eventually becomes a kind of gel that carp just adore, Tigernuts at this point are at their height in attraction and should be used within a week after you have prepared them.
  11. You can also prepare Tigers in larger quantities and then freeze the product. Once defrosted the gel will reappear after a few hours and they are ready for use!
Article by Daniel CarriĆ³n
TIGERNUTS TRADERS, S.L
Valencia, Spain
32 lb

Umpan Jitu Ekonomis & Praktis II


Umpan jitu Ekonomis dan Praktis II ini merupakan lanjutan dari umpan jitu sebelumnya yaitu pada edisi 129. Umpan Ekonomis dan praktis bisa dijadikan pilihan oleh para mania dari meracik umpan, umpan jiu ini diperuntukan untuk ikan mas.
Selasa (23/6) saat Mancing Mania (MM) menguji coba umpan ekonomis dan praktis II di Telaga ISTN. Tiba di Telaga ISTN, MM langsung menghampiri pemilik dari Telaga ISTN yaitu Rahmat Fingking. Obrolan hangat mewarnai jalannya tes umpan ekonomis dan praktis II ini, Finkking mempersilakan MM untuk menguji umpan pada kolam kiloan miliknya.
Mulai tes umpan pada pukul 14.00, MM mempersiapkan umpan hasil racikan bersama piranti pancingnya. Umpan baru dilontar ikan sudah mulai menyambar, strike ikan dengan bobot 1 kg berhasil terangkat.
Hingga pukul 15.10 menit, saking banyaknya ikan yang diperoleh MM memutuskan untuk menyudahi tes umpan ekonomis da praktis. Dengan hasil peroleh selama mancing tes umpan MM berhasil memperoleh ikan sebanyak 15 ekor dengann total timbangan mencampai 8 kg.
Jika dengan umpan ekonomis dan praktis dapat memperoleh ikan yang demikian banyak kenapa harus mambuat atau meracik umpan dengan harga yang mahal. Sebenarnya umpan juga merupakan selera dari para mania dalam membuatnya, tidak ada ketentuan baku atau melanggar hokum karena mancing sendari merupakan hal yang menyenangkan apalagi jika para mania dapat meracik umpan sendiri.

Umpan Amis


Apa jadinya apabila para mania melupakan umpan saat memancing ? Jawabnya adalah resah dan merasa ada yang kurang pada saat mancing dan begitu pula apabila para mania yang biasa meracik umpan hasil buatan sendiri, pastinya akan sedikit merasa tidak puas pada saat mancing. Apalagi kalau hasil tangkapan saat mancing hasilnya sedikit pastinya merasa kecewa atau bagi para mania yang hobi mengikuti lomba mancing pastinya sangat tidak melupakan pada umpan jitu hasil racikan sendiri, karena apabila juara pada saat juara akan menimbulkan kebanggan sendiri kepada hasil racikan umpan yang dibuatnya.
Pada Edisi kali ini Mancing Mania (MM) mencoba untuk menghadirkan umpan amis hasil kreasi dari Om Gentur (Bekaci). Menurut Gentur, umpan ini bisa digunakan juga untuk air yang berwarna hijau pekat dan coklat. Sedangkan apabila air kolam berwarna hijau bening maka tinggal menambahkan daun pandan saja.

Umpan Udang


Untuk kalangan mania mancing darat, keberadaan umpan udang rasanya masih asing sebab udang selama ini identik dengan kegiatan mancing laut, dimana udang biasanya digunakan sebagai umpan ketika mania mancing melakukan teknik mancing dasar di lautan.
udang4.jpe

Namun tidak ada salahnya jika udang digunakan juga untuk umpan mancing darat, karena aroma yang ditimbulkan dari daging udang ini cukup mengundang selera berbagai jenis ikan air tawar.
Udang yang dipakai untuk mancing di kolam adalah jenis udang galah.

Umpan Murah Meriah Plampung Mas

Menggunakan atau memakai umpan murah meriah bukan berarti hasil yang diperoleh sangat sedikit atau umpan murah meriah tidak bisa diandalkan untuk mendapatkan ikan induk saat mengikuti lomba.
Pemikiran demikian sebenarnya sangat keliru karena belum tentu umpan yang dibuat dengan dibeli secara murah meriah tidak bisa diandalkan. Baru-baru iniMancing Mania (MM) memperoleh informasi bahwa umpan Wayang mengeluarkan varian umpan terbaru. Berangkat dari informasi tersebut MM mencoba meluncur ke Kalideres, Jakarta Barat, ke tempat produksi pelet wayang ternyata hal tersebut dibenarkan oleh Mulyadi selaku pemilik dari umpan merek UD. Wayang Sakti.
Kedatangan MM ternyata mendapatkan hasil dengan diperolehnya pernyataan bahwa UD. Wayang Sakti kini mengeluarkan umpan putih, hal ini untuk melengkapi pelet wayang yang telah beredar dikalangan para mania. Umpan putih Wayang yang asli dalam kemasanya terdapat nomer registrsi atau R.
Informasi tidak sebatas itu saja yang diperoleh MM, sebagai pemancing dan tangan kanan pemilik, Jalu, bersedia berbagi penggunaan serta campuran untuk dipadukan dalam umpan putih wayang ini. Proses uji coba umpan putih ini sudah berjalan selama satu bulan dan hasilnya cukup bagus dengan banyaknya permintaan dari pasar.

Umpan Putih Untuk Lomba Ikan Mas


Bagi para mania yang gemar menggunakan umpan putih sebagai andalan dalam memburu target ikan mas saat lomba dan ingin merasakan sajian umpan putih baru yang akan dipergunakan, berikut ini Mancing Mania (MM) mencoba memberikan varian umpan putih yang bisa diandalkan saat para mania mengikuti lomba mancing ikan mas.
Bahan-bahan yang harus dipersiapkan adalah :
1.   2 bungkus paikin biru (kemasan berlabel warna biru)
2.   4 butir telur negeri
3.   1 saset susu dancaw putih
4.   2 sendok makan susu ultra putih (cair)
5.   Terigu 1 sendok makan
6.   Kroto 2 ons
7.   Keju kraft 1/4 potong
8.   Ikan mujair ukuran sedang 4 ekor
9.   Indomie goreng (diblander buat pengeras)
10. Alumunium foil
11. Plastik kiloan

Umpan Wangi Djempol


Umpan

Kali ini Mancing Mania (MM) mencoba menghadirkan umpan wangi berbahan umpan Djempol Kang Ito. Umpan ini telah MM coba di pemancingan daerah Kalideres-Jakarta Barat, Deplu-Tangerang dan Depok.
Umpan untuk ikan mas plampung baik lomba maupun untuk harian dengan harga terjangkau para mania dapat dengan mudah memperoleh bahan-bahan campuran umpan ditoko-toko pancing dekat rumah.
Mesti lomba yang MM ikuti hanya lomba dengan tiket dibawah Rp 100 ribu namun MM berhasil meraih total prestasi dan hanya kalah timbangan 4 ons dari juara ke tiga. Meski umpan ini murah meriah namun hasilnya cukup bagus.

Berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan :
1.    Umpan jempol pandan wangi 1 saset
2.    Essen gudang bulus oil 1 tutup botol
3.    Tuna (deho atau pasific queen) ½ kaleng
4.    Air secukupnya

Cara membuatnya :
Langkah pertama persiapkan wadah plastik/baskom sebagai tempat menggaduk umpan lalu haluskan terlebih dahulu tuna (deho atau pasific queen) sampai lembut dan pergunakan minyaknya sedikit saja. Setelah itu tuang umpan jempol pandan wangi dan aduk kembali hingga rata dan terakhir masukan essen bulus oil sambil menuangkan air sedikit demi sedikit, umpan siap dipergunakan.
Saat menggunakan umpan ini MM mencoba menggunakan kroto dan tanpa kroto serta kroto bubuk/serbuk, ternyata hasilnya cukup bagus pula. Penggunaan kroto cukup 1 ons untuk campuran di umpan dan diaduk rata dan 1 ons untuk cocolan/pelapis pada umpan. Selamat mencoba. ndi

Griya Fishing, Toko Baru Yang Komplit


Solo tidak hanya dikenal budayanya saja, tapi juga kaya lokasi pemancingan air tawar. Sebut saja sepanjang Sungai Bengawan Solo, S. Pepe, S. Dengkeng sampai Waduk Gajah Mungkur atau Kedung Ombo misalnya, daerah itu adalah lokasi alami yang biasa disambangi mania di samping kolam pemancingan yang juga banyak terdapat disana.
Griya-fishing-toko.jpg
Dari banyaknya lokasi pemancingan menunjukkan, bahwa masyarakat Solo memiliki perhatian dan menaruh minat tinggi pada dunia memancing. Hal itu juga terbukti dengan banyaknya toko pancing besar dan kecil yang tersebar di berbagai lokasi strategis, diantaranya toko Griya Fishing milik Sri Harto.
Menurut Sri Harto, keputusan untuk mendirikan Griya Fishing telah dipertimbangkan sejak lama, semasa dirinya masih disibukan oleh pekerjaannya. Namun kesibukan itu tidak lantas menyurutkan niatnya untuk membuka usaha toko pancing, bahkan sebaliknya justru mendorong percepatan dalam membangun usaha tersebut apalagi peluang usaha dibidang ini masih terbuka lebar. Alhasil, pertengahan 2007 lalu, Griya Fishing secara resmi memulai operasionalnya.
”Sebenarnya rencana dan pertimbangan membuka usaha ini, sudah ada sejak saya masih aktif bekerja. Tapi karena sibuk dengan pekerjaan, baru bisa direalisasikan tahun 2007 lalu,” jelas Sri Harto mengawali perbincangan dengan Mancing Mania (MM) yang singgah di Griya Fishing.

7 Seas Pro Shop, Bangkok, Thailand


7 Seas Pro Shop, Bangkok, Thailand
Piranti Mancing Terlengkap di Bangkok

Ketika berkunjung ke Bangkok, Thailand, Mancing Mania (MM), menanyakan kepada kedi saat tiba di Bungsamran, dimana toko pancing terlengkap dan terbesar di Bangkok. Dengan lugasnya kedi mengatakan, terbaik dan terbesar 7 Seas Pro Shop.

7seas_proshop.jpg
Ini bermula ketika MM berkunjung ke Bungsamran Fishing Park (Taman Pemancingan Bungsamran) Agustus 2009 lalu, di kawasan Bang Kapi, Bangkok. Bersama rekan dari Solo dan Jogya, kami menyempatkan diri singgah di toko pancing 7 Seas Pro Shop yang letaknya masih satu komplek dengan Bungsamran untuk membeli mata kail dan pelampung. Kesan awal saat memasuki 7 Seas Pro Shop adalah kelengkapan isi. Berbagai perlengkapan mancing laut maupun air tawar tersedia lengkap dan terpajang rapi dengan tampilan berbagai merek piranti pancing terkenal di dunia.
Toko seluas 70 meter desain tokonya cukup ekslusif yang memajang berbagai keperluan piranti mancing. Sebut saja mulai dari rod, reel, lure, jig lure, hooks, line lider, tackle box/bag, harness & belt, option parts, asesoris, sarung tangan dan lain sebagainya. Piranti yang diinginkan para mania dalam menentukan pilihannya untuk bertarung dengan ikan-ikan bobot besar tersedia lengkap. 

Toko Cuaca Pancing, Kamal Raya, Jakarta Barat


Soft Opening Cauca Pancing
BELANJA_137_NDI__2_.JPG
Senin (12/10), Bertepat di jalan Kamal Raya No.2, Cengkareng – Jakarta Barat, Cuaca Pancing mengadakan pembukaan toko pancingnya. Piranti pancing yang ditawarkan pun cukup komplit.
Meski acara soft opening telah berlalu tidak menyurutkan Mancing Mania (MM) untuk mencari tau keberadaan Cuaca Pancing. Pasalnya dalam acara soft opening MM tidak bisa menghadirinya.
Rabu (14/10) MM berkesempatan untuk mengetahui tentang Cuaca Pancing. Cua, pemilik Cuaca Pancing yang juga mantan pegawai salah satu toko pancing terkemuka dibilangan Jakarta Barat mengatakan kepada MM jika memang dirinya memiliki keinginan untuk usaha sendiri dan berdasarkan pengalaman kerja maka Cua memutuskan untuk membuka toko pancing.
Dorongan serta dukungan juga diberikan oleh keluarga dan teman-teman. “Keluarga Saya dan teman-teman pemancing sangat mendukung serta adanya keinginan dari diri sendiri yang membuat saya memberanikan untuk membuka usaha toko pancing“, cetus Cua

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More