Inilah Manfaat Dibalik Tubuh Mungil Ikan Teri Gan


Inilah Manfaat Dibalik Tubuh Mungil Ikan Teri Gan - Mungkin banyak dari kita tidak mengetahui manfaat dari mengkonsumsi ikan teri, siapa sangka ternyata dibalik tubuh mungilnya ikan ini memiliki manfaat yang besar bagi tubuh kita. Sejauh ini dikalangan ibu-ibu, minat terhadap ikan teri lebih dikarenakan bentuknya yang kecil dan praktis untuk dimasak, harganya yang relatif murah, dan ketersediaannya yang sangat banyak.

Ikan teri mengandung Kalsium dan Flour dalam bentuk senyawa CaF2. Berdasarkan Nutry Survey Indonesia, kandungan kalsium ikan teri lebih tinggi daripada susu. kandungan lain yang menonjol dari ikan ini adalah kandungan energinya, yaitu protein 74 persen dan lemak 26 persen. Kandungan kalsiumnya yang tinggi membuat ikan ini sangat baik untuk mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang) akibat kekurangan kalsium karena berkurangnya massa tulang dan membuat tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

Meski ikan ini memiliki tingkat kalsium paling tinggi, penyerapan kalsiumnya oleh tubuh tidak sebaik penyerapan kalsium dari susu dan produk olahannya. karena susu mengandung laktosa yang membantu penyerapan kalsium, sedangkan pada ikan teri tidak mengandung zat tersebut.

Selain itu, fluor yang dikandungnya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi. Fluor adalah elemen penting dalam mencegah karies atau lubang gigi. Fluor akan bereaksi dengan hidroksi apatit yang terdapat pada email gigi menjadi senyawa fluor apatit yang lebih tahan terhadap asam. Dengan demikian mineral gigi menjadi tidak mudah larut dan karies lebih sulit terjadi. Dalam bidang kedokteran gigi, fluorida sudah lama meraih popularitas sebagai agen anti karies. Produk yang mengandung fluor ini dipasarkan dalam berbagai bentuk, seperti obat kumur, suplemen, dan aplikasi fluor topikal serta pasta gigi.

Kalsium dan flour dari ikan teri dapat bermanfaat jika tubuh mengkonsumsinya secara langsung.Karena, di dalam tubuh kalsium bekerja sama dengan laktosa dan vitamin D untuk pembentukan massa tulang, serta dengan kalium untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini terjadi karena cara mengkonsumsi ikan ini dimakan bersama tulangnya.

Bagi anda yang menderita asam urat sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi ikan teri ini, karena kandungan protein yang tinggi dari ikan ini membuat hasil metabolisme yang berbentuk purin dapat meningkatkan kandungan asam urat dalam darah. Tapi hal itu bisa disiasati dengan minum air putih yang banyak, sekitar 10 gelas per hari agar purin yang dihasilkan dari metabolisme protein ikan terbuang melalui urin. Jadi masih gengsi kah anda untuk mengkonsumsi ikan teri???

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More