Yuk kita Membuat Mata Pada Artificial Lure

Membuat Mata Pada Artificial Lure - Untuk membuat artificial lure yang dapat diandalkan untuk menangkap ikan, kita harus mengerti dulu mengenai apa yang disebut dengan pemicu respon atau pemicu reaksi. Pemicu respon adalah salah satu karakteristik lure yang membuat ikan predator merasa terpaksa untuk menyerang lure. Banyak opini yang beredar diantara para pembuat lure mengenai bagian mana dari sebuah lure yang sebenarnya menjadi pemicu respon yang benar benar akurat. Kesimpulan umum dari fakta fakta yang ada, ternyata bahwa bagian matalah yang merupakan satu dari sekian pemicu respon yang paling efektif.

Penelitian menyatakan bahwa secara virtual semua predator dan mangsa berkomunikasi melalui kontak mata (seperti melakukan dan menghindari kontak mata). Predator dan ikan mangsa berusaha menterjemahkan dan memahami satu sama lain dengan memantau reaksi dari mata masing masing. Sebagai contoh, pupil mata ikan predator secara khas akan menjadi kecil sekali disaat sedang menyerang mangsa, sementara ikan mangsa akan pupil matanya akan membesar disaat sedang diserang atau ketika ketakutan.

Sebagai tambahan, hubungan antara posisi pupil mata dengan poros badan ikan (kemana ikan menghadap) dapat membantu predator untuk mengantisipasi kearah mana ikan mangsa akan lari. Ketika pupil mata mangsa membesar, itulah tanda bahwa ikan mangsa sudah ketakutan dan siap berlari dan predator akan menyerang dengan sudut yang menghalangi arah lari ikan mangsa. Ketika membuat mata pada artificial lure, buatlah bentuk pupil mata menghadap/ menatap kearah tali pancing, sehingga ikan predator dapat mengantisipasi untuk mencegat lure dari arah depan dan akhirnya membuat kontak dengan mata kail.
Mata Artificial Lure
  • Pupil mata harus besar dibanding dengan besar keseluruhan mata.
  • Jika membuat mata hanya dengan satu warna, maka buatlah warna mata lebih gelap daripada badan lure.
  • Pupil mata harus selalu dibentuk menatap pada tali pancing.
  • Garis mata harus lebih kontras disbanding keseluruhan warna lure.
Menggambar mata pada artificial lure
Tehnik menambahkan gambar mata pada lure sangat banyak, contoh dengan menempelkan sticker, mengecat, mencetaknya, menempelkan paku paying. Tehnik yang paling mudah dan baik adalah dengan menggunakan tehnik tetesan paku, yaitu meneteskan cat melalui sebuah paku(kepalanya) ke permukaan lure yang akan diberi mata dan membiarkannya menjadi berbentuk sebuah lingkaran. Selama proses ini kita harus berhati hati agar kepala paku tidak benar benar menyentuh permukaan lure, satu satunya yang boleh menyentuh lure hanyal tetesan cat. Gunakan paku yang berbeda ukuran untuk menadapatkan kreasi mata dengan diameter yang berbeda.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More