Toko Toko Pancing Nelson, Pasar Bengkok, Ciledug, Tangerang





Lebih Banyak Jual Umpan

Awal mula berdirinya toko pancing ini diawali dengan menjual berbagai kebutuhan pakan burung. Semula toko Nelson khusus menjual pakan burung yang dikelola orang tuanya. Namun, baru berdiri sekitar enam bulan ternyata banyak pembeli yang menyarankan agar toko tersebut menjual kebutuhan piranti mancing.
foto_TK_Nelson.JPGPadahal keluarga Yopie dan orang tuanya sama sekali tidak paham soal mancing. Namun berkat banyak tanya dengan para pemancing yang datang ketokonya, Yopie dan keluarganya langsung memenuhi permintaan pembeli dengan menjual kebutuhan mancing. “Semula cuma beberapa barang, tidak banyak,” kata Ani. Namun, tanpa sangka justru produk-produk mancing yang dijual banyak diburu pembeli. 
Seiring dengan perkembangan itulah toko seluas 6 X 4 meter tersebut dibagi dua. “Satu untuk jual pakan burung dan satu lagi untuk jual alat-alat mancing,” cetus Ani. Kini, toko Nelson banyak dikenal sebagai toko yang banyak menjual berbagai umpan untuk mancing. Maklum, toko ini memang lebih banyak menjual umpan meski alat-alat piranti lainnya tersedia. Berbagai merk umpan seperti Deho, empress, Pa Ikin, dan umpan lainnya cukup lengkap dijual disini. 
Sejak menjual alat-alat kebutuhan mancing, menurut Ani, umpan paling banyak dibeli para penggila mancing. “Kolam pemancingan juga banyak yang menjadi langganan disini,” ujar Ani yang saat itu didampingi mertuanya. Selain umpan, sebenarnya toko ini juga menyediakan piranti lainnya seperti joran, ril, senar, pelampung, dan alat lainnya. Namun, kata Ani, umpan memang lebih banyak dibeli pembeli. 
Menurut pandangan Ani, umpan merupakan salah satu kebutuhan mancing yang paling banyak diburu pembeli. Karena itulah ia lebih banyak menjual umpan dengan berbagai merk. “Umpan lebih banyak laku dan tidak ribet,” jelas Ani. Dalam penjualan umpan tersebut, selain menjual secara eceran, Ani juga menjual secara grosiran. “Harga grosiran tentu berbeda dengan harga eceran,” katanya. Bahkan ia berani membandingkan harga dengan toko lainnya.  
Setiap hari toko Nelson selalu buka mulai pukul 06.00 sampai pukul 17.00. Dikalangan pemancing disekitar Ciledug dan Cipondoh, tentu sudah mengenal toko yang terletak dipinggir jalan pasar bengkok itu nyaris tidak pernah tutup meski pun hari libur.


Kini, toko Nelson menjadi terkenal sebagai toko penjual piranti mancing dan pakan burung. Untuk piranti mancing, menurut Yopie dikelola langsung oleh istrinya. Sedangkan pakan burung dikelola oleh mamanya. 
Beragam umpan seperti umpan kaleng sampai umpan biasa memang paling dominan disini. Saat ditanya soal pelanggan, Yopie menjelaskan, toko Nelson telah banyak memiliki pelanggan tetap di wilayah ciledug dan sekitarnya. “Pemancingan juga banyak yang sudah menjadi langganan,” katanya. 
Setiap hari toko Nelson dibuka mulai jam 6.30 pagi sampai jam 17.00 tanpa ada libur. Semuanya itu tentu demi kepuasan pelanggannya. Toko Nelson menempati luas 6 X 4 meter yang dibagi dua untuk menjual pakan burung dan piranti mancing. Sebagai pelengkap jualannya, toko Nelson juga menyediakan essen dan kroto super yang bisa habis sebanyak 2 sampai 3 kg dalam sehari. 


1 komentar:

Gan ada reel buat dilaut gak ???

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More